Sunday, November 22, 2015

Rangkaian 12V power supply simetris LM 7812 dan 7912

Sobat memerlukan power supply sederhana dengan tegangan dual output +12v dan -12V..??, rangkaian berikut ini boleh menjadi pilihan sobat, rangkaian ini sederhana dan murah meriah tetapi memiliki tegangan output yang stabil dan noise yang dihasilkannya rendah karena menggunakan IC regulator linier yang banyak dipasaran yaitu LM 7812 dan LM 7912.

Arus output setiap tegangan power supply ini adalah 500mA, memang menurut datasheetnya kemampuan arus pada ic ini sampai 1A, tetapi kenyataannya komponen yang beredar dipasaran adalah qulitas 2 atau second grade atau dengan kata lain made in china, hahaha..... tapi untuk ukuran ini juga cukup baik dan sangat cocok untuk rangkaian yang memerlukan supply simetris seperti pre-amp, dll.

Dalam perakitan usahakan menggunakan pendingin/heatshink pada ICnya untuk menahan panas berlebih agar IC tidak mudah rusak, dan untuk trafo  boleh memakai trafo 1A murni ya... atau 2A abal-abal. Jika sobat memerlukan disain PCBnya silahkan ajukan beserta alamat emailnya lewat kolom komentar, 10 orang komentar saya langsung buatkan pcbnya dan saya kirim ke alamat email masing-masing. thank's semoga bermanfaat.....

Artikel Terkait

1 comment: