Sunday, November 22, 2015

Rangkaian 18 LED Knigth Rider dengan IC 4017

Suka dengan modifikasi kendaraan..?? jaman sekarang banyak orang yang ingin tampil beda dari yang lain, apa saja termasuk kendaraan juga dengan berbagai cara dimodifikasi dengan menambah berbagai aksesoris agar tampil beda, apakah sobat juga tertarik agar kendaraan sobat tampil beda..??? Nah ini dia saya beri solusi sederhana, gampang, murah tapi keren loh..., ya lampu led knight rider solusinya.

Sebenarnya rangkaian ini bukan hal baru karena terinsfirasi dari sebuah kendaraan canggih yang mampu melacak sesuatu disekitar kendaraan dengan cara scaner menggunakan indikator led, ya... itu dia si mobil canggih "KITT" yang ada dalam serial film "knight rider" yang terkenal sejak tahun 90an.

Rangkaian ini dibangun dari 2 buah IC 4017 sebagai counter dan 1 buah IC LM 555 sebagai sumber clocknya. sistem scanning nya dibagi dua yaitu 9 led kiri dan 9 led kanan. berikut ini gambar rangkaiannya dan silahkan klik untuk memperbesar.

Rangkaian 18 Led Knight Rider 4017
Rangkaian 18 led knight rider 4017

IC LM555 adalah IC timer yang dibuat menjadi rangkaian clock, sedangkan IC 4017 adalah IC counter dengan 10 kaki output dengan rating tegangan VCCnya (supply Vdc) antara 6V sd. 15V. dan memiliki kecepatan clock sampai 5MHz, tetapi sayangnya arus setiap kaki outputnya hanya 15mA sehingga untuk menaikan arus output agar bisa mensupply 2 led dipasang transistor driver.

Saat IC 4017 diberikan supply, output 0 kaki 3 akan berlogik "1" (on) sedangkan kaki output yang lainnya akan berlogik "0" (off). setelah ada perubahan pulsa clock maka output akan bergeser yaitu output 0 akan "off" dan output 1 kaki 2 akan "on", begitu seterusnya bergeser secara bergantian sesuai dari perubahan clock inputnya.

Nah,, menarik bukan???, kalau sobat berniat untuk membuat rangkain knight rider ini, design PCBnya akan masih dalam proses pembuatan dan akan segera saya update, namun kalau sobat ga mau pusing untuk design PCBnya, sobat tinggal sampaikan permohonan pada kolom komentar, dan jangan lupa sertakan alamat email sobat, secepatnya saya akan kirimkan file pcbnya, tunggu saja.....

Artikel Terkait

8 comments:

  1. makasih mas atas post nya :)
    ini dia yg saya cari, akhirnya ketemu juga. kebanyakan yg saya dapat dri googling hanya 6 led ...
    mohon dikirim design pcb nya dong mas.
    bebegemini.01@gmail.com

    ReplyDelete
  2. lupa lg mas, minta tolong skalian list komponennya ya mas... makasih

    ReplyDelete
  3. itu sudah include data komponennya juga, di zoom aja gambarnya biar jelas.

    ReplyDelete